[JANGAN DITIRU] Hal Yang Aneh Saat MOS, Ini Yang Terjadi ...

Jakarta - Himbauan perploncoan yang selalu terjadi setiap MOS (Masa Orientasi Baru) sepertinya hanya angin lalu bagi panitia dan guru yang terlibat. Banyak yang menyangkal bahwa perploncoan macam ini adalah proses untuk meningkatkan kreativitas siswa, padahal yang ada hanya membuat mereka menderita!

Kasus Evan adalah salah satu contohnya. Mirisnya, beberapa hari sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anie Baswedan, meminta agar segala bentuk perploncoan dilaporkan ke kementerian. Laporan bisa disampaikan ke mopd.kemdikbud.go.id.

Dia juga menulis di akun Facebook-nya pada Selasa (29/7), “Bukan saatnya lagi kita diam dan mendiamkan.”Masa orientasi sesungguhnya sebetulnya bertujuan baik. Di antaranya adalah mengenalkan program serta lingkungan sekolah, serta cara belajar di jenjang lebih tinggi, dan mengembangkan budaya sekolah yang baik.

Tapi selalu saja ada kesalahan implementasi atau penyalahgunaan di lapangan. Seperti yang terjadi pada Evan. Ratna mengatakan bahwa anaknya selalu kebingungan menyiapkan perlengkapan MOS yang aneh-aneh setiap malam. Bukan hanya itu, keperluan MOS yang hanya dipakai beberapa hari ini juga menghambur-hamburkan uang. Lebih dari Rp 70.000 dihabiskan hanya untuk keperluan MOS.Anies juga sempat mengatakan, penting bagi kita bersama untuk menjaga agar masa orientasi ini menjadi kesempatan baik bagi peserta didik baru untuk mengawali masa pendidikan di sebuah sekolah sebagai pengalaman baik dan berharga. Hingga kini, sudah ada 206 laporan masuk. Laporan sedang dalam proses moderasi dan verifikasi.

Sudah waktunya sekolah mengubah kebiasaan MOS yang sangat merugikan itu menjadi kegiatan yang jauh lebih bermanfaat dan positif. Tujuan mengenal sekolah itu adalah untuk tahu proses belajar di sana, bukan untuk jadi topeng monyet dengan memakai kostum bodoh yang tidak mendidik! Jika di sekolah ada kejadian seperti ini, jangan lupa lapor ke kementerian.

semoga bermanfaat ...

sumber : http://tribunnewsindo.blogspot.com/


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[JANGAN DITIRU] Hal Yang Aneh Saat MOS, Ini Yang Terjadi ..."

Posting Komentar

tulis komentar anda di kolom ini